USG Muskuloskeletal PUSKI (an overview)

Posted: Februari 21, 2013 in Info Sejawat
Tag:, , , , , , , ,

Akhirnya saya kembali ke lembaga PUSKI lagi!!

Yup selama tiga hari saya mengikuti kursus lanjutan USG yang kali ini mengkhususkan di bidang muskuloskleteal. Sebanyak 28 orang berpartisipasi dalam kursus MSK ini, dan sebagian besarnya adalah dokter spesialis. Jumlah terbanyak adalah dokter Sp.KFR diikuti dokter radiologi,  internist, bedah, ortopaedi, dan dokter umum.

Selama tiga hari kami di PUSKI semakin terbuka cakrawala kami bahwa USG saat ini semakin berperan besar dalam menunjang dan mempertajam diagnosis. Selain keunggulannya yang lebih ekonomis, non intervensi, dan tanpa persiapan yang rumit, USG juga memiliki angka ketepatan diagnosis yang cukup tinggi, namun memang ini tergantung dari operatornya.

However, dari kursus USG MSK ini, akhirnya saya mendapat ilmu dan pengalaman baru, bahwa sebenarnya banyak sekali kasus muskuloskeletal yang luput dari diagnosis yang sebenarnya, karena hanya berkutat di gejala klinis dan masuk ke ranah gangguan metabolik atau degenaratif. Namun ternyata setelah dilakukan USG terbukti jika masalahnya adalah di sistem muskuloskeletal.

Yak, sekali lagi saya mendapat ilmu dan wawasan baru, dan saya yakin ke depannya USG akan semakin mendapat tempat dalam penegakan diagnosa sejajar dengan penunjang lain uang lebih dulu established.

Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s