Malaysia, sebuah negara tanpa identitas

Posted: Agustus 30, 2009 in Uncategorized

Meruaknya berita tentang pengklaiman beberapa budaya Indonesia oleh malaysia, membuat saya tergoda untuk mengetahui sejarah malaysia, apakah benar memiliki akar budaya yang mirip dengan Indonesia, seperti yang selama ini mereka jadikan alasan sebagai pemnbenaran atas tindakan mereka.

Tadinya saya berpikir pasti mudah mencari sejarah malaysia dengan meng googling saja. Tapi ternyata oh ternyata saya sangat sulit menemukan sejarah berdirinya dan asal muasal bangsa itu.

Saya agak mengerutkan kening, kenapa sih?

Apa karena memang mereka tidak punya sejarah sama sekali?

Mungkin memang begitu kenyataannya. Sudah lama kita ketahui kalau malaysia bukanlah negara yang “merdeka”.

Kenapa? karena pemimpin mereka hanya mendapatkan tanah malaysia sebagai pemberian dari Inggris. Inggris menghadiahkan sebuah negara kepada rakyat malaysia dengan syarat yang harus mereka patuhi. Apakah ini yang dinamakan merdeka. Kita juga sama sama tahu, malaysia tidak memiliki bentuk negara yang jelas sebagai negara merdeka. Apakah sebuah negara yang berdaulat masih terikat dengan aturan aturan sebagai daerah persemakmuran (Commonwealth)? Aneh aja menurut saya….

Setelah mengetahui fakta seperti itu, saya jadi agak berkurang bencinya kepada negri jiran itu. Berganti dengan rasa kasihan…

Adalah wajar kalau mereka seenaknya mengklaim sesuatu yang bukan hak mereka. Karena memang sejak awal mereka tidak melewati perjuangan untuk mendapatkan apa yang mereka miliki sekarang,. Semua adalah pemberian negara lain. Jadi wajar kalau mereka tidak memiliki sense of belonging. Asal comot sana sini.

Sungguh malang…

Saya jadi punya ide, bagaimana kalau malaysia berintegrasi dengan Indonesia saja. Biar jelas gitu loh. Menjadi propinsi termuda Indonesia, jadi ndak usah bayar kewajiban upeti kepada Inggris Raya. Kan mending uang 100 juta pound itu buat mbangun negri sendiri aja.

Komentar
  1. pak Jawa mengatakan:

    Malaysia itu bagian dari wilayah majapahit yang berarti bagian dari nusantara juga. Ketika bandit2 eropa berebut tanah jajahan, inggris dan belanda bersepakat utk membagi wilayah jajahan ini. (portugis ikut2an minta bagian di tim-tim). Kesimpulannya, …ulah malaysia sekarang ini (barangkali) sebenarnya sedang mencari perhatian agar bisa diterima kembali sebagai bagian dari nusantara dibawah kibaran sang MERAH PUTIH…..

  2. midoza mengatakan:

    gt yah mas? wah info baru nih.. thanks udah mampir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s