Info PTT Gorontalo

Posted: Maret 2, 2009 in Info Sejawat

Assalaamu’alaikum wr wb

Saya liat mas Ropeg udah ngebuka pendaftaran PTT angkatan baru nih.

En kayaknya ndak ada salahnya saya mbuat sebait dua bait tulisan bagi para sejawat yang berminat PTT di Gorontalo.

Secara garis besar Propinsi Gorontalo merupakan propinsi yang nyaman dan masyarakatnya welcome sama orang luar. Kultur nya ndak jauh beda sama orang orang di Jawa, kecuali didaerah yang masih sulit atau terpencil. Namun sebagain besar daerah di Gorontalo masih bisa dijangkau alat transportasi.

Nah..buat para peminat Gorontalo, saya sarankan jadikanlah Kabupaten Gorontalo sebagai pilihan terakhir, dan kabupaten Pohuwato atau Boalemo atau Gorontalo Utara (Gorut) sebagai pilihan utama.

Knapa?

Karena saya adalah alumni dokter PTT dari Kabgor. Memang disini medannya tidaklah terlalu sulit bahkan terbilang mudah diakses, meski itu adalah daerah sangat terpencil.

Namun sebagai dokter PTT, kami merasa tidak diperhatikan sama sekali oleh Dinkes setempat.  Insenda tidak ada sama sekali, fasilitas sangat minim.

Sebagai gambaran. Saya selama ini tidak mendapatkan rumah dinas, meskipun sebenarnya ada. Masalahnya adalah, rumah dinas yang ada sudah sangat tidak layak huni. Maka selama setahun ini, mau tidak mau saya terpaksa menumpang pada keluarga salah satu staff PKM yang teramat sangat baik, (inilah salah satu kelebihan orang Gorontalo, sangat baik).

Beda halnya dengan teman saya. Dia mendapatkan rumah dinas, namun dia harus merenovasi sendiri rumah tersebut, tanpa ada bantuan dari daerah. Seratus persen biaya sendiri!!! Bayangkan, padahal dia bertugas di daerah T. Gaji yang hanya 1,5 juta perbulan harus habis untuk merenovasi rumah agar bisa tidur dan tinggal selama setahun. Sebab tidak ada pilihan lain.

Di Gorontalo tidak ada masalah dengan pembayaran gaji. Alhamdulillah selama setahun ini tidak pernah ada keterlambatan pembayaran gaji di seluruh kabupaten.

Masalah lain di Kabupaten Gorontalo, adalah tidak terbukanya orang dinkes kepada PTT. Pernah suatu kali saya mencoba menanyakan info pendaftaran PPDS BK dari Depkes. Namun orang dinkes menyatakan belum ada pembukaan. Dan saya pun minta tolong agar dikabarin kalau ada pembukaan pendaftaran.

 Saat saya konfirmasi ke dinkes propinsi, 4 hari kemudian, tepatnya hari Senin, saya mendapat info kalau pendaftaran sudah ditutup hari jum’at kemarin!!! Dan dinkes seluruh kabupaten sudah disurati oleh dinkes propinsi sebulan sebelumnya!

Kebayang nggak?  Saya dan semua dokter PTT di kabgor merasa dikadalin.

So, itulah sekelumit kisah pahit kami selama bertugas sebagai dokter PTT di Kabupaten Gorontalo. Mungkin bisa jadi pertimbangan para sejawat semua.

Silakan menghubungi mas Ropeg untuk pendaftaran, dan selamat bertugas.

Komentar
  1. Kang_SMILE mengatakan:

    pertamax
    sukses deh peluncuran blogmu bro
    wakakakakakakkakakakaka
    ajarin donk
    heheheheheh

  2. coolzygote mengatakan:

    wah, aku ptt di gorontalo utara nih, dinkesnya asyik banget…hehehe…

  3. midoza mengatakan:

    Wah..enak tuh..
    Ktemu dr.Kristin?
    Gemana, gaji PTT dah jadi naik?

  4. coolzygote mengatakan:

    iya, ktemu dr kristin.. dia memperpanjang ptt di sini…
    gaji blm naik nih (apalagi aku ptt kriteria T), tp lumayanlah dah ada insentif daerah biarpun “cuma” 750 rb (dan msh dipotong pajak, hehehe…)

  5. coolzygote mengatakan:

    o iya, maen2 ke blogku ya.. (biarpun gak pernah aku update, hehehe..)
    http://diazepamania.wordpress.com

  6. drg ceke mengatakan:

    ini dr sapa ya?
    ak temen satu puskes ma satu angkatan dr kristin d gorut tp sampai skrg ak msh ptt….

    • dr.M mengatakan:

      Irfan.
      Saya dulu di kabgor. Lha kita kan satu angkatan dok. Temennya mas agus kan? Hehehe… di gorut kan enak jadi banyak yang perpanjangan, kalo di kabgor kmrn kayaknya yang perpanjangan cuma 1 orang.

  7. kadaverboy mengatakan:

    sebelumnya salam kenak dok.. saya dokter PTT yang baru saja bertugas di gorontalo saya di tugaskan di KKP gorontalo di wilayah kerja kwandang…
    walaupun saya blm begitu banyak tahu mengenani gorontalo tetapi dari pertama kali tiba sampai setelah beberapa minggu di gorontalo sedikit banyak saya mengalami seperti apa yg dokter pernah alami…
    minimnya fasilitas dan perhatian dari dinkes setempat..

    • dr.andri mengatakan:

      dok mau tanya, skarang ada insendanya ga di kab.gorontalo prov. gorontalo?

      • dr.M mengatakan:

        waduh kalo tahun ini saya kurang tau. Tapi kalo tahun kemaren menurut temen saya yang perpanjangan di ST masih belom ada insenda.

    • dr.M mengatakan:

      oya?? Kwandang yah?
      Emg sie kita awalnya dulu sempet timbul protes dari sejawat2 yang sewilayah sama saya. Bahkan ada dokter dr medan yang balik lagi ke mdn stlh tau kondisi dsna.
      Tapi akhirnya kita coba jalani dulu. Alhamdulillah bs dilewati juga setahun bro. Anggap aj masa liburan di gorontalo, hehehe…

  8. sunaryan gani mengatakan:

    gimna caranya mendaftar…???

    • dr.M mengatakan:

      cara daftar ptt? gampang dok. TS tinggal buka aja situs http://www.ropeg-depkes.or.id. Disitu kemenkes ngasih info lowongan ptt tiap tahunnya, kalo ndk salah 3 kali setahun. Disana juga ada informasi daerah dan kuota dokter yang dibutuhkan. Nah TS tinggal pilih aja daerah yang diminati. Trus ntar bakal diminta ngisi form pendaftaran, surat pernyataan dll (ane lupa ap aj hehe). Udah gt jgn lupa formnya di simpen/diprint, krn akan kira kirim k Jakarta. Disitu ada tatacara pendaftarannya kok. Oke, selamat mencoba n sukses yak.

  9. drg rica mengatakan:

    Jadi yg sudah ada insendanya itu kab mana aja ya?saya ada rencana ptt bulan Juni 2012,,mksh

    • dr.M mengatakan:

      TS drg Rica. Mohon maaf dok, kalo sekarang saya kurang paham. Soalnya udah ndak mengikuti info PTT di gorontalo lagi. Tapi menurut info dari teman saya yang masih PTT disana smua kabupaten kecuali kota gorontalo, udh ada insendanya. Tapi nominalnya beda beda. Yang paling besar tetap di Pohuwato dan Gorut. Semoga bermanfaat.

  10. dr.M mengatakan:

    oke sama sama..
    Lampung barat ya? Katanya itu termasuk daerah yang enak y dok? Udah brp lama disana? Hmm..kayaknya masih mau nyari petualangan baru y? Lanjutkan aj dok. Mungkin sebagai referensi bisa saya usulkan tujuan berikutnya ke daerah Halmahera selatan, atau kep Seram.

    • drg rica mengatakan:

      Saya maret ini selesai..kalau masuk daerah maluku blom dpt izin dr orangtua,,paling jauh ya sulawesi itu lah,,tp ko bisa info disana?ada yg istimewa kah dsana?heheheee

      • dr.M mengatakan:

        yup. Dapet berita dari TS yang udah pernah PTT dsna. Kita kan selain nyari daerah yang enak, juga nyari daerah yang cantik. nah bwt dua kategori itu menurut saya yang masuk ya Papua, khususnya di kep raja ampat, kep seram, maluku utara n halsel.
        Hasil sbg dokter PTT sangat mencukupi, dinasnya juga open, n daerahnya…..cuuannntiikkk banget!!!

      • drg rica mengatakan:

        Oya??baiklah akan sangat dipertimbangkan,,makasih banyak ya infonya,,

  11. ipah mengatakan:

    maaf dok, saya ipah, saya br lulus dokter tahun ini, saya berminat untuk ptt di gorontalo dok, tp berhubung ptt pusat 2 thn dok sekarang, klo pakai ptt daerah gorontalo bisa ga ya dok, dan klo ptt daerah kan bs 1 thn dok,? owh iya dok maaf klo kisaharan salarynnya setiap bulannya berapa ya dok? terima kash bnyk dok infonya

    • dr.M mengatakan:

      Kalo PTT daerah mungkin agak susah ya birokrasinya. Tapi kalo seandainya mau pilih PTT pusat ke Gorontalo saya rasa bisa dipertimbangkanlah, secara akses disana relatif gampang, kecuali di beberapa kabupaten dan kecamatan. Kalo salary saya sekarang kurang paham, biasanya di situs ropeg ada kok..

Tinggalkan Balasan

