Berani untuk salah dan gagal

Posted: Maret 1, 2009 in telaga hati, Uncategorized
Tag:

Assalamu ‘alaikum wr wb.

Pernah ndak kita berbuat salah?? Pernah ndak kita gagal??

He..he.. pertanyaan yang goblok ya. Tentu aja kita semua pernah berbuat salah, kita ndak selamanya berlaku benar. Kita manusia, tempatnya salah dan khilaf, tapi kita juga bisa berbuat baik. Bukan malaikat yang ndak pernah berbuat salah, atau syetan yang berbuat salah terus, ya kan.

Tapi, terkadang kita lupa akan fithrah kita yang satu ini. Banyak dari kita yang setelah berbuat salah selalu saja menyesali kesalahannya itu dengan berkepanjangan.

Penting ndak sih kita menyesal??

Of course, itu penting!! Karena dengan begitu kita bisa introspeksi diri kita, kita bisa mengadakan muhasabah diri. Tapi tentu ndak usah terlalu over.., ndak perlu pake depresi, bunuh diri sampe menggilakan diri sendiri..

Biasa ajalah !! Anggap itu sebagai suatu pembelajaran diri kita dalam proses pendewasaan jiwa.

Setiap orang pasti akan menjadi tua, tapi menjadi dewasa itu sebuah pilihan.

Seorang yang dewasa akan mengerti kapan harus bangkit saat dia jatuh dan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Inget, gagal dan salah adalah sebuah fithrah. Semua orang pasti pernah merasakan gagal dan salah, dan itu membutuhkan sebuah keberanian untuk melakukan sebuah kesalahan dan kegagalan.

Seorang pengecut mungkin akan sedikit mengalami kegagalan, karena DIA TIDAK MEMPUNYAI KEBERANIAN UNTUK MELAKUKAN SESUATU YANG BANYAK !!

Sejarah membuktikan bahwa penemu-penemu dan orang besar dalam sejarah sebelumnya pasti berangkat dari kegagalan dan kesalahan. Tapi mereka berani menghadapinya, mereka bangkit dan mereka sukses!! Kita semua pasti bisa seperti itu, asal kita mempunyai kedewasaan dalam bersikap dan mempunyai jiwa yang besar.

Renungan untuk diri sendiri

Semarang malam hari, setelah kuyup disiram hujan

M

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s