Catatan pinggir pelatihan ATLS Malang.

Posted: November 12, 2012 in corat coret
Tag:, , , , , , , , ,

Puncak Semeru tampak kokoh menjulang ketika aku terjaga pagi itu dalam perjalanan panjang Tegal-Malang. Yup, aku bersama seorang teman dari RS akan mengikuti pelatihan ATLS di RS Saiful Anwar Malang selama 3 hari 9-11 November 2012. Sedikit oleh-oleh kisah dibawah ini aku ceritakan bagi pembaca blog ini semoga bermanfaat dalam mempersiapkan diri menghadapi kursus ATLS.

Hari pertama diawali dengan registrasi ulang peserta. Tercatat 32 orang mengikuti kursus kali ini yang dengar-dengar dari instruktur merupakan kelas ke 879 (tapi ndak tau apakah instruktur sedang bercanda atau serius..). Pretest merupakan soal multple choice yang terdiri dari 40 soal berbahasa inggris dan harus dikerjakan terlebih dahulu dirumah. Yup, soal pretest dikirim kerumah peserta berikut dengan paket buku ajar ATLS. Variasi soal sangat beragam, semua terkait dengan kasus trauma dan materi ATLS. Oya, sebelumnya buku ajar ATLS sudah dikirim, biasanya 3 bulan sebelum kursus, jadi kita ada kesempatan untuk belajar dulu di rumah.
Lepas registrasi kami menudian mengikuti kuliah yang didahului demo tentang Initial Asessment. Kuliah diberikan secara interaktif dan cukup menarik.
Dan hari itu kami dibagi menjadi 8 kelompok kecil yang masing masing beranggotakan 4 orang.
Empat kelompok termasuk kelompok saya mandapat kesempatan memasuki surgery skill lab di hari pertama. Di surgery skill lab ini kami melakukan semua tindakan Life Support pada kambing. Namun tenang saja, semua kambing yang dijadikan hewan coba tidak merasa disakiti karena semuanya dibius dengan GA. Kami mencoba melakukan vena seksi, chest tube, needle decompression sampai DPL pada hewan coba. Dan hari pertama kami diakhiri dengan pembahasan soal pretest dan ditutup dengan Course Dinner yang wajib diikuti oleh seluruh peserta ATLS.

Hari kedua dimulai dengan kuliah lagi, menghabiskan semua materi pada buku ajar ATLS. Pada hari kedua ini kami memasuki kelas skill lab. Di station ini kami melakukan dan berlatih penanganan ABCD dengan manekin dan alat peraga, termasuk pembacaan foto rontgen pada kasus trauma. Dan hari kedua ini berlalu dengan tidak terasa karena semuanya asik dengan latihan di skill lab ini.

Hari ketiga, inilah hari penentuan lolos tidaknya kami di kursus ini. Dimulai dengan post test dan dilanjut dengan ujian praktek Initial Asessment langsung pada probandus. Siap tidak siap semua peserta harus siap menghadapi ujian ini. Berfikiran jernih, terstruktur dan tidak panik adalah kunci melewati ujian Initial Asessment ini, dan harus diingat tidak ada gunanya menanyakan soal pada teman yang sudah lewat ujian ini karena variasi soal sangat beragam dan tergantung dari pengujinya. Namun intinya adalah sama yaitu Primary survey yang baik sampai stabilisasi pasien.

Dan ada beberapa hal yang harus diperhatikan TS semua :
1. Adalah benar kalau pada kursus ATLS ada peserta yang tidak lulus dan harus mengulang. Di kelas kami dari 32 orang yang ikut hanya 26 orang yang lulus. Dan yang harus mengulang kursus diberikan waktu sampai 3 bulan untuk mengulang ditempat manapun tanpa tambahan biaya (kecuali tranport ya), namun jika lebih dari 3 bulan maka dia harus membayar penuh seperti kursus baru.
2. Nilai batas untuk mengulang adalah minimal 35 pada nilai post test. Namun nilai 35 ini bukan ambang batas kelulusan kursus. Nilai 35 ini adalah batas minimal nilai peserta untuk mengikuti ujian praktek Initial Asessment, jika pada post test nilainya dibawah 35, maka dia secara otomatis tidak akan bisa melanjutkan ke ujian praktek initial asessment, langsung tidak lulus dan dipulangkan.

Secara keseluruhan kursus ini sangat menarik dan pressure yang diberikan cukup membuat kita selalu waspada..hehe..
Oke bagi TS yang ingin mengikuti ATLS saya sarankan untuk mempersiapkan diri dengan baik dan selalu percaya diri.

Selamat belajar.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s