Pelatihan USG Kedokteran Dasar PUSKI

Posted: Oktober 14, 2011 in Info Sejawat
Tag:, , , , , ,

Selama kurang lebih 12 minggu atau tiga bulan full, saya ditugaskan dari RS tempat saya bekerja untuk mengikuti program pelatihan USG dasar yang diselenggarakan oleh PUSKI. Lokasi tempat pelatihan ini terletak dikantor/sekretariat PUSKI di Jalan Radio Dalam no 1B. Tiga minggu pertama diisi dengan kuliah oleh para pemateri yang sangat berkualityas, seperti dr. Daniel Makes, Sp.Rad (beliau nih pendiri PUSKI, orangnya pinter banget); dr.H. Sidharta; Prof.dr. Oetomo Marsis,Sp.OG; dr. Judi, Sp.OG dll. Adapun saya termasuk dalam angkatan ke XXX, yang beranggotakan 18 orang. Mulai dari spesialis, residen, pemilik klinik, wakil direktur dsb. Setelah tiga minggu dicekoki berbagai macam teori, dan tentu saja praktek (istilahnya hands on) dari minggu ke empat sampai ke dua belas kami dilepas ke beberapa RS besar diseputaran Jakarta.
Keunggulan pelatihan ini adalah selain mendapat pengajaran dari para sesepuh dan dedengkot USG (radiolog, spesialis anak, obgyn, sampai insinyur fisika) kita juga bebas melakukan hands on sepuasnya. Pasien/probandus disediakan oleh pihak PUSKI, dan RS mitra juga bukan RS sembarangan. Ada RSPAD, Siloam, RS Pelni, RSAL Mintoharjo, RS UKI, RS Graha Kedoya, dll.
Dan sekarang saya baru masuk di akhir minggu ketiga dan sudah melalui post test kemarin. Mulai hari senin besok, kami akan dilepas ke RS mitra untuk mengaplikasikan teori yang kami dapat dan mencari kasus yang ada di RS tersebut, siapa tau ada kasus yang menarik,..hehe.
Doain yak!!

Komentar
  1. dr A mengatakan:

    dr M… untuk pelatihan selanjutnya ada lagi kapan ya?? kalo ada infonya mau ya…. makasih

    • dr.M mengatakan:

      Buat yang dasar? Biasanya setiap tahun ada dua kelas. Tapi mending tanya langsung ke PUSKI nya, soalnya ada yang udh waiting list, takutnya kelas dh keburu penuh. Oke.
      Info lengkap bs buka website PUSKI. http://www.puski.org.
      Smg bs membantu. Salam sejawat

  2. dilla mengatakan:

    Biayanya brp mbak? Daftarnya via apa? Tks

    • dr.M mengatakan:

      Waduh saya dipanggil mbak… Hehe..Saya laki laki kok, asli bin tulen
      Daftarnya bs menghubungi ke PUSKI nya dulu. Ntar dari PUSKI akan konfirmasi kelas yang ada n kuotanya, soalnya dibatasi 20 orang per kelas.
      Kita akan dikirimi formulir pendaftaran dan informasi biaya via surat.
      Selama ini biaya pendidikan selama 12 minggu 20jt. It ndk termasuk biaya akomodasi.

  3. Andreas mengatakan:

    ini kuliahnya setiap harikah? Berapa jam sehari?

  4. d@ry.. mengatakan:

    booonggggggggg…………………gk yah….nih orangnya dan dedengkotnya disamping aq nih…..wahahaha…..

  5. dr.M mengatakan:

    @bro dery..
    Haduuuhhhh……mengacau saja brader satu ini. Gemana nih tinggal 2 minggu lagi kita keliling RS di Jakarta.

  6. dr.M mengatakan:

    @andreas
    Kita kuliah dalam kelas hanya selama 3 minggu, sisa 9 minggu kita hands on alias praktek langsung ke pasien di RS seputar Jakarta.
    Kalau jam kulian kita di Radio Dalam dari jam 8 pagi sampe jam 5 sore.

  7. endry mengatakan:

    untuk 2012 kpn jadwalnya…..??? brp biayanya…??

    • dr.M mengatakan:

      Buat jadwal saya ndak bisa ngasih kepastian tanggal, karena tergantung kelas. Tapi biasanya kelas dasar di PUSKI ada dua kali dalam setahun, sekitar maret sama agustus. Untuk lebih jelasnya silahkan menghubungi sekretariat PUSKI. Makasih.

  8. kristiyanto mengatakan:

    dok mohon informasi, usg cina yang bagus apa ya? kira-kira beli dimana? thanks infonya dok

    • dr.M mengatakan:

      Menurut informasi yang saya dapat, USG Cina yang termasuk bagus itu ada Mindray, esaote, atau merk lain, tapi saya lupa. Untuk pembelian bs menhubungi distributornya langsung. Silahkan buka website masing masing pabrikan. Makasih.

    • Dedi Susanto mengatakan:

      kami jual USG 4 Dimensi Merk SIUI bisa menghubungi saya di 087808749560 Dedi PT.Sarana Reka Eltra Kencana

  9. Lionel mengatakan:

    halo dok, salam kenal, saya berniat untuk ikut, tapi karena harganya relatif mahal sy mau minta masukan dulu dri dokter. bila berkenan minta nmr handphonenya. thanks

  10. dr.M mengatakan:

    halo juga.. kalo mau bwt sharing bs disini kok. Ato lwt ym jg bs, midoza21@yahoo.com
    oke, mksh.

  11. rumah untuk sehat mengatakan:

    Salam kenal dok.. mw tnya…apa bedanya pelatihan usg puski ini -3bln 20jt- dgn kursus usg yg hanya 3hr dgn beaya yg lbh murah?

    kl untuk dokter umum biar bs buka praktek pmrksaan usg drumah syaratnya apa ya dok?
    yg harus dikuti pelatihan yg dr puski ini ya?

    oya kl dokter dbiayai RS.. stelah slesae mgkuti plathan ini lalu dtgskan utk pmrksaan usg diRS..apkh blm ada sp.Rad nya atw dokter dan sp.Rad bs berjln brsma berbagi tgs utk pmrksaan usg nya atw gmn dok?
    Mohon info2nya ya dok.. sy beminat skali dgn bidang ini :)
    Btk.

    • dr.M mengatakan:

      maaf baru sempet bales.
      Sepengalaman saya, antara kursus 3 bulan Puski dengan yang 3 hari (biasanya ini hanya berbentuk workshop) sangat jauh berbeda.
      Pertama, dari jumlah kasus yang kita dapatkan. Di PUSKI selama 3 bulan kita banyak menangani kasus dari semua bagian, muali dari bag.Obgyn, interna, bahkan perinatal. Sedangkan workshop 3 hari sangat sedikit kasus yang bisa kita dapat.
      Kedua, waktu hands on. Di PUSKI kita sangat kenyang hands on,bahkan beberapa teman saya yang kebetulan mendapat jatah di RS jaringan dengan pasien yang sangat banyak bisa mendapat hands on 20 kali perhari perorang. Kl d workshop waktu hands on kita sangat terbatas.
      Ketiga, teori yang di berikan di PUSKI bs dibilang sangat lengkap dari segi keilmuan USG.

      Ya saya dibiayai oleh RS. Dsini ad dr.Sp.Rad tapi beliau tidak minat sama sekali dengan USG, sampai akhirnya saya yang disuruh berangkat belajar oleh RS. Dan hubungan saya dengan beliau masih sangat baik.

      Nah terkait dengan kompetensi GP di USG ini sedang dalam proses. Kalo kemrin TS ikut Mukernas PDUI d jakarta, disana salah satu agendanya adalah tenyang peningkatan level kompetensi GP dalam pemeriksaan USG, dan dr.Daniel Makes,Sp.Rad dari PUSKi sangat mendukung. Selama kita sudah pernah mengikuti pelatihan yang tersertifikasi, kita bs melakukan pemeriksaann USG. Kl di PUSKI, alumni tingkat dasar sudah berkompeten untuk memeriksa pasien pribadi, BUKAN MENJAWAB KONSULAN,kecuali dia bekerja di RS dan tdk ad radiolog yang memegang USG seperti di tempat saya. Bagi TS yang sudah mengikuti tingkat madya dan MSK, dia sdh bs untuk menjawab konsulan dari dokter lain.
      Semoga bermanfaat.

  12. Dewi Listiana mengatakan:

    dok, mau tanya, setelah kursus kita boleh praktek pribadi + buat plang USG atau tidak? oia setelah lulus dr kursus apa bisa disebut “sonolog”. waktu itu pernah saya jumpai dokter umum praktek+usg dibawah namanya ditulis “sonolog” .. itu seperti apa ya? tks

    • dr.M mengatakan:

      Masih ada perdebatan tentang hal ini. Namun dari PDUI sedang diperjuangkan.
      Dari PUSKI sendiri, selama untuk pasien pribadi kita, kita boleh saja membuka praktek USG. Namun untuk alumni kursus dasar, kita belum bisa menjawab konsulan.

  13. heru aris munandar mengatakan:

    Salam kenal dok..
    Membaca info dan komentar2nya, jd sgt tertarik dgn pelatihan PUSKI ini, tp klo biaya sendiri bisa nelen ludah jg saking mahalnya.
    Kira2, ada gak ya Dok pelatihan USG selain Puski yg lbh murah tp ya stidaknya tdk sprt workshop yg singkat dan sgt terbatas ilmu yg didapat?

    • dr.M mengatakan:

      sebenarnya ad. Tapi ndak menyeluruh. Di RSPAD ada program intensif USG khusus fetomaternal, dengan biaya (kalo saya ndak salah ya..) 5 juta untuk 1 bulan.
      Buat lebih lengkapnya bisa menghubungi divisi fetomaternal RSPAD Gatot Subroto Jakarta.
      Semoga membantu.

  14. Saw sumarlan mengatakan:

    Saw s
    Salam kenal dok, saya mau tanya adakah batasan umur ntuk mengikuti pelatihan usg ?

    • dr.M mengatakan:

      tidak ada batasan umur dalam program ini. Silahkan kalo berminat bisa langsung menghubungi PUSKI.

    • Saw Sumarlan mengatakan:

      Ya dok, dan untuk th ini kapan diadakannya?

      • dr.M mengatakan:

        Untuk tahun ini sepertinya periode pertama udah selesai bulan maret kemarin. Tapi untuk periode kedua saya kurang tau, mungkin bisa langsung menghubungi sekretariat PUSKI.
        Semoga membantu.

  15. dr.berkat elloirahmatdi mengatakan:

    salam sejawat dok numpang tanya untuk pelatihan usg puski ada no tlp kontak nya kalau ada boleh minta tlng di inbok saya coba menghubungi untuk info pelatihan dari kemarin sepertinya tidak bisa masuk fb blesing_boy@yahoo.com

  16. Boby mengatakan:

    Biar murah,hemat, ikut workshop yg bentar aja. Ambil ilmu dasarnya. Beli buku usg di amazon ..beli usg cina palingan 25 jt. .belajar otodidak.pasti bisa..semakin sering pakai usg dan ketemu kasus .pasti bisa. Salah2 dikit wajar. Buka buku lgi.hehe

    • dr.M mengatakan:

      Ya boleh saja belajar otodidak. Tapi lebih baik lagi belajar dengan didampingi Guru/pembimbing. Karena interpretasi USG itu sangat tergantung dari pemeriksaan real time dan pengalaman operator, jangan sampai kita salah interpretasi yang akan merugikan pasien. Ok selamat belajar.

  17. dr endang L mengatakan:

    salam kenal dok..saya di berminat mengikuti pelatihan di puski,,adakah yang waktu pelatihan nya sekitar 1 minggu,,sudah bersertifikatkah yang pelatihan 1 minggu ini??terimakasih sebelumnya..

    • dr.M mengatakan:

      Di PUSKI untuk pelatihan dasar belum ada yang satu minggu. Kecual untuk kelas muskuloskeletal n fetomaternal (di RSPAD Gatot Subroto).
      Mungkin TS bs mencari workshop2 tentang USG disana udh bersetifikat, tapi tidak bisa menjadi standard kompetensi TS dalam pemeriksaan USG.

  18. Randy mengatakan:

    Dok apakah ada kursus usg jantung (echocardiography) untuk dokter umum? Thx

  19. dr.M mengatakan:

    Untuk sejawat yang berminat pelatihan USG, PUSKI membuka pelatihan USG dasar angkatan XXXIII mulai 18 Maret – 7 Juni 2013. Info lengkap silahkan menghubungi sekretariat PUSKI 021-7230060 / 021-7258135.
    Semoga bermanfaat.

    • Dedi Susanto mengatakan:

      Salam Kenal dokter saya Dedi dari PT.Sarana Reka Eltra Kencana kami distributor Alat-alat Kesehatan kami ada alat USG 4 Dimensi Realtime Merk SIUI dengan berbagai Type dan harga Murah…jika ada teman sejawat yang membutuhkan Alat Kami bisa menghubungi saya di 087808749560…

  20. mantositumorang mengatakan:

    selamat siang , dr.M.apakah Bidan bisa ikut pelatihan USG dan nantinya bisa praktek menggunakan USG kepada pasien di klinik kita .

    Terimakasih.

    Manto

    • dr.M mengatakan:

      Kebetulan di PUSKI setau saya hanya membuka program untuk dokter aja. kalo nakes lain belum ada kelasnya sampai sekarang.

      • dr.yan mengatakan:

        selamat siang dokter..apa kursus itu selama 3 bulan setiap hari masuk?..lalu pendaftaran utk setahun dibuka brapa kali?..terima kasih..

      • dr.M mengatakan:

        Selamat siang. Ya betul, selama 3 bulan kita kursus, kita masuk setiap hari dari senin s/d jumat. Kalo pas pekan kuliah kadang sampai sabtu juga. Tapi kalo pas udh masuk praktek ke RS cuma senin – jumat sesuai jam kerja masing masing RS jaringan.

  21. Rossyta mengatakan:

    salam kenal dok…. sertifikat puski itu buat seumur hidup atau ada masa berlakunya? thanks

  22. sugiarto mengatakan:

    siang,dok’emang usg yg dari cina akurat awet dok,beli buku panduannya dimana dok,terimakasih

    • dr.M mengatakan:

      waduh…saya ndk bisa komentar banyak. Memang kalo bicara USG (dari pengalaman saya), harga sebanding dengan kualitas. Tapi untuk pemeriksaan usg sederhana, saya kira usg cina sudah cukup mumpuni.

  23. Sutanto Tanaka mengatakan:

    Salam sejawat dr. M. Apakah ada buku-buku panduan yang sebaiknya dibaca terlebih dahulu sebelum kita mengikui PUSKI ini? Thanks.

  24. tina mengatakan:

    Selamat siang dr.M. Apakah pelatihan USG 4 hari yg diselenggarakan oleh puski cukup representatif utk praktik USG? Tkss.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s